Telkom University Dorong Jiwa Wirausaha Mahasiswa Lewat Market Day 2025

Bandung, 21 Mei 2025 — Telkom University kembali menegaskan komitmennya dalam membentuk generasi muda yang mandiri dan berjiwa wirausaha melalui penyelenggaraan Market Day 2025. Kegiatan ini merupakan wujud nyata dari penerapan metode pembelajaran berbasis proyek pada Mata Kuliah Kewirausahaan, yang melibatkan ribuan mahasiswa lintas program studi. Diselenggarakan oleh Bagian Pengembangan Akademik (BPA) di bawah Direktorat Akademik, acara ini mendapat dukungan penuh dari Direktorat Pengelolaan Dana Abadi serta Direktorat Aset dan Sustainability. Market Day 2025 menjadi wadah bagi mahasiswa untuk mempromosikan dan memasarkan langsung ide-ide bisnis mereka. Acara ini berlangsung di area lapangan Gedung Serba Guna (GSG), pada tanggal 21 Mei 2025 di Telkom University, Bandung, dan melibatkan sebanyak 1.584 mahasiswa dari 14 program studi. Mereka terbagi ke dalam 148 kelompok bisnis, yang terdiri dari 117 tenant kuliner, 26 tenant non-kuliner, dan 5 tenant jasa. 

Rangkaian kegiatan diawali dengan opening ceremony yang menampilkan tarian tradisional Betawi, Tari Ondel-Ondel, dan dilanjutkan dengan sambutan dari Rektor Telkom University Prof. Dr. Suyanto, S.T., M.Sc. Kegiatan secara resmi dibuka dengan prosesi pemotongan pita yang kemudian jajaran pimpinan Telkom University melakukan kunjungan ke setiap tenant yang siap berwirausaha. Rektor Telkom University, Prof. Dr. Suyanto, S.T., M.Sc. menjelaskan bahwa ekonomi kreatif merupakan salah satu dari tiga prioritas besar yang akan diwujudkan Telkom University. Dalam sambutannya pada acara Market Day, beliau menyampaikan apresiasi tinggi kepada seluruh peserta yang telah hadir. Meskipun cuaca gerimis, namun tidak menyurutkan semangat para peserta. “Ekonomi kreatif saat ini menjadi salah satu dari tiga sektor prioritas dalam pembangunan. Dari pengamatan saya, kuliner menjadi bidang yang paling dominan di acara ini, diikuti oleh kriya, kemudian fashion. Selanjutnya, ada juga kontribusi dari sektor animasi, film, serta teknologi digital dan jasa. Saya juga melihat adanya inisiatif bisnis dari teman-teman mahasiswa di ranah ekonomi digital dan kreatif. Ini merupakan langkah penting yang perlu kita kembangkan dan perkuat bersama di lingkungan Telkom University.” ujar Rektor Telkom University.

Untuk memberikan apresiasi terhadap kerja keras dan kreativitas mahasiswa, Market Day 2025 memberikan penghargaan kepada tenant terbaik berdasarkan sejumlah kriteria, diantaranya kebersihan tenant, daya tarik dan minat konsumen, kualitas pelayanan, serta tingkat kreativitas kelompok. Di luar aktivitas utamanya, yaitu berwirausaha, Market Day 2025 juga diramaikan dengan berbagai kegiatan hiburan seperti games interaktif dan penampilan musik dari band-band mahasiswa Telkom University, yang menambah semarak suasana dan menarik perhatian pengunjung.

Selain di Telkom University Bandung, Market Day semester genap TA 2024/2025 diselenggarakan juga di Kampus Surabaya, Kampus Jakarta dan Kampus Purwokerto. Penyelenggaraan Market Day di kampus Surabaya juga berlangsung pada hari Rabu, 21 Mei 2025. Dengan jumlah peserta Market Day 2025 di Kampus Surabaya, 28 kelompok bisnis mahasiswa, yang terbentuk dari 271 mahasiswa dari 5 program studi yang berbeda dengan dibimbing oleh 7 orang dosen pengampu. Untuk Kampus Jakarta, penyelenggaraan Market Day adalah pada hari Jumat, 23 Mei 2025 di Kampus A Daan Mogot, Telkom University Jakarta. Jumlah peserta Market Day 2025 di Kampus Jakarta adalah 13 kelompok bisnis mahasiswa yang terbentuk dari 119 mahasiswa dari 2 program studi yang berbeda dengan dibimbing oleh 2 orang dosen pengampu. Sedangkan untuk Kampus Purwokerto akan menyelenggarakan Market Day selama 2 hari, yaitu pada hari Selasa & Rabu tanggal 27 & 28 Mei 2025. Jumlah peserta Market Day 2025 adalah 39 kelompok, yang terbentuk dari 392 mahasiswa dari 2 program studi dan dibimbing oleh 3 orang dosen. 

Melalui penyelenggaraan Market Day 2025, Telkom University menegaskan peran strategisnya sebagai National Excellence Entrepreneurial University berbasis AI pada tahun 2028. Kegiatan ini tidak hanya menjadi ajang promosi produk dan jasa mahasiswa, tetapi juga menjadi sarana pembentukan karakter, penguatan kompetensi kewirausahaan, dan pengalaman nyata dalam berbisnis. Dengan semangat kolaboratif, kreatif, dan inovatif, Market Day 2025 diharapkan menjadi pijakan penting dalam mencetak wirausahawan muda yang adaptif dan mampu bersaing di tingkat nasional maupun global.

Secret Link