Buku Panduan Pendidikan Berbasis Capaian Menggunakan Metode Pembelajaran Berpusat Pada Pemelajar
Telkom University

Outcome Based Education (OBE) di Telkom University menitikberatkan pada pencapaian hasil belajar, sehingga keterkaitan antara berbagai komponen sistem pendidikan menjadi sangat penting. Pendekatan OBE ini membutuhkan panduan yang jelas untuk mengintegrasikan Outcome Based Education, Outcome Based Teaching and Learning, dan adaptasi terhadap Pendidikan 4.0 dalam sebuah ekosistem pendidikan yang holistik.

Pertama, pengembangan Outcome Based Education harus selaras dengan visi dan misi Universitas, memastikan bahwa kurikulum mencerminkan kompetensi yang diharapkan dari lulusan. Ini memerlukan identifikasi capaian pembelajaran yang jelas, yang kemudian harus diintegrasikan ke dalam silabus dan rencana pembelajaran, memandu dosen dalam merancang materi pembelajaran dan aktivitas kelas.

Kedua, Outcome Based Teaching and Learning membutuhkan strategi dan metode pembelajaran yang dirancang untuk memfasilitasi pencapaian hasil belajar yang telah ditetapkan. Ini termasuk penggunaan teknologi informasi untuk memperluas sumber belajar dan memperkaya pengalaman belajar mahasiswa, sesuai dengan kebutuhan era Pendidikan 4.0. Penggunaan teknologi ini harus dipandu dengan prinsip-prinsip pembelajaran yang efektif, memastikan bahwa teknologi mendukung, bukan menggantikan, interaksi pembelajaran yang kaya.

Ketiga, dalam era Pendidikan 4.0, pentingnya pembelajaran sepanjang hayat dan kemampuan untuk belajar dan beradaptasi dengan perubahan teknologi menuntut pengembangan sumber belajar yang fleksibel dan aksesibel. Ini termasuk kursus daring, video pembelajaran, dan platform e-learning yang memungkinkan mahasiswa untuk belajar sesuai dengan kecepatan dan minat mereka sendiri. Panduan dalam hal ini termasuk menyediakan akses ke sumber daya berkualitas dan mendukung mahasiswa dalam memilih sumber yang paling relevan dengan tujuan pembelajaran mereka.

Dengan demikian, Kurikulum 2024 di Universitas Telkom, yang dirancang untuk memenuhi tantangan Pendidikan untuk Pembangunan Berkelanjutan, mencerminkan kebutuhan akan pendekatan holistik dalam pendidikan. Empat pilarnya – Selaras, Adaptif, Fleksibel, dan Berkelanjutan. Dosen dan pengelola pendidikan memerlukan panduan untuk mengintegrasikan teknologi dalam pengajaran, mendorong pembelajaran mandiri dan kolaboratif, dan mengadaptasi metode pembelajaran untuk memenuhi kebutuhan individu mahasiswa.

Sehingga disediakan panduan Pendidikan Berbasis Capaian menggunakan Metode Pembelajaran Berpusat pada Pemelajar atau Outcome Based Teaching and Learning (OBTL) sebagai panduan implementasi pembelajaran di Telkom University yang mencakup strategi pembelajaran, asesmen, dan teknologi. Dalam hal ini juga sebagai pendekatan untuk mendukung pembelajaran sepanjang hayat dan adaptasi terhadap perubahan lingkungan. Hal ini membutuhkan kerjasama antara semua pemangku kepentingan dalam ekosistem pendidikan untuk menciptakan lingkungan pembelajaran yang responsif, inklusif, dan berkelanjutan.


Berikut link buku panduan OBTL yang dapat diakses

oleh civitas akademika Telkom University : di sini